Oleh: PKB Demak | 13 Mei 2009

Nasional

Hasil Penghitungan Kursi DPR RI di KPU Menuai Protes

PKB Online – Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU)  telah mengumumkan perolehan kursi 9 parpol yang lolos parliamentary treshold (PT). Namun sampai saat ini masih terdapat beda penafsiran tentang tata cara penetapan kursi antara KPU dengan beberapa parpol dan pengamat.

Sayangnya perbedaan tafsir ini berdampak  pada ada jumlah perolehan kursi sebagian parpol termasuk PKB. Tak heran jika 9 parpol yang lolos PT menyatakan protes terhadap penetapan kursi oleh KPU.

Sekretaris Jenderal DPP PKB Lukman Edy sebagaimana dimuat di Koran Rakyat Merdeka edisi Senin 11/05/2009 memprotes KPU terkait hasil penghitungan alokasi kursi. Lukman Edy meminta penjelasan KPU tentang teknis penghitungan alokasi kursi karena menurutnya hasil KPU tidak sesuai dengan penghitungan internal di DPP-PKB. Hingga kemarin hasil penghitungan alokasi kursi di KPU, PKB baru mendapat sekitar 26 kursi.

Senada dengan itu, menurut peneliti Cetro, Ismail Fahmi, perbedaan tafsir terjadi dalam penghitungan kursi tahap ketiga. Dalam tahap ini, sisa kursi dan sisa suara dari tiap dapil akan ditarik ke propinsi untuk dicari Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) baru. Namun KPU menerjemahkan sisa suara dari dapil yangmemiliki sisa kursi saja yang ditarik ke propinsi.

“Kalau kami menafsirkan sisa suara dari seluruh dapil ditarik ke propinsi. Tapi KPU menafsirkannya hanya sisa suara dari dapil yang memiliki sisa kursi yang ditarik ke provinsi,” kata Ismail seperti dimuat detik.com.

Salah satu contoh konkrit kerugian PKB adalah satu kursi di Jawa Timur yang harusnya didapat oleh A. Malik Haramain, M.Si dari dapil Jatim II pun gagal diperoleh (imron/sumber : DPP PKB – http://www.dpp-pkb.org)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: