Oleh: PKB Demak | 9 Mei 2009

Seputar Pemilu Legislatif 2009 Kab. Demak (20)

05 Mei 2009

Pendataan Awal, Jumlah Pemilih di Batursari Turun

KPUMRANGGEN– Dalam pendataan awal atau pemutakhiran data pemilih yang dilakukan PPS Desa Batursari Kecamatan Mranggen Demak, jumlah data pemilih sementara (DPS) untuk pemilu presiden (Pilpres) yang tercatat hingga kemarin mengalami penurunan sekitar kurang lebih 200 pemilih.

Penurunan tersebut terjadi lantaran pemilih banyak yang pindah dan juga meninggal dunia. Disamping itu PPS juga menemukan adanya pemilih yang tercatat dua kali dengan alamat berbeda namun masih dalam satu wilayah.

Sunardi, Ketua PPS Batursari menuturkan, bila dibandingkan dengan jumlah DPT pemilu legislatif (Pileg) yang mencapai 20.490 pemilih, dalam pendataan awal yang dilakukan PPS mencatat adanya penurunan DPS yakni menjadi 20.175 pemilih. Namun bila dibandingkan dengan jumlah DPT Pilkades bulan Desember 2008 lalu yang mencatat 19.971 pemilih, justru ada peningkatan jumlah pemilih.

’’Perbedaan itu terjadi lantaran DPT pileg dilakukan sekitar Juli dan disahkan KPU sekitar November 2008. Sedangkan DPT Pilkades merupakan hasil pendataan lanjutan sekitar bulan Desember setelah DPT pileg disahkan,’’ ungkapnya.

Meski demikian, data yang tercatat tersebut masih bisa berubah mengingat masih adanya data pemilih tambahan yang mendaftar karena tidak masuk dalam DPT pileg. Selain itu, dalam pemutakhiran data pemilih masih ada tahapan DPS Hasil Perbaikan (DPSHP) dan DPSHP Akhir sebelum ditetapkan dalam DPT Pilpres.

’’Hasil DPS ini nantinya akan diumumkan pada 11-17 Mei sesuai dengan tahapan KPU dan diharapkan seluruh warga Batursari bisa melihat data PPS tersebut. Dengan begitu, warga yang masih belum terdaftar diharapkan bisa segera mendaftarkan diri ke PPS setempat,’’ jelasnya.

Lebih Valid

Menurut Sunardi, pendataan pemilih yang dilakukan pada pilpres dipastikan lebih valid. Pasalnya selain sudah ada petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), PPS melalui KPPS juga melakukan pendataan di tingkat RT/RW.

Rencananya, jumlah TPS di Batursari yang semula berjumlah 70 akan dikurangi menjadi 53 TPS. Bila sebelumnya jumlah maksimal per TPS adalah 350 pemilih, dengan dikuranginya TPS tersebut jumlah maksimal pemilih per TPS menjadi 800 pemilih.

Agus Supriyanto SE, Ketua PPK Mranggen ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penurunan jumlah DPT tersebut. Menurut dia, hal itu terjadi lantaran dalam PPDP yang dilakukan PPS, ada sejumlah warga yang telah pindah, meninggal dunia, dan juga tercatat dua kali dengan alamat berbeda.

Setelah adanya koreksi dengan mencoret pemilih tersebut, diketahui jumlah pemilih mengalami penurunan. Meski demikian, itu baru pendataan awal dan masih bisa berubah karena masih ada tahapan DPSHP dan DPSHP Akhir. (J12-16)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com – 5 Mei 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: