Oleh: PKB Demak | 9 Mei 2009

Seputar Pemilu Legislatif 2009 Kab. Demak (18)

01 Mei 2009

Caleg Minta Peraturan KPU 15/2009 Direvisi

Pemilu 2009DEMAK-Sejumlah caleg, kader dan simpatisan parpol di Demak mendatangi kantor KPU dan Panwas setempat, Kamis (30/4). Mereka mendesak revisi atas Peraturan KPU Nomor 15/2009 tentang Pedoman dan Tatacara Penetapan Caleg Terpilih yang dipandang merugikan parpol peroleh suara terbanyak.

Mereka menilai peraturan tersebut tidak memenuhi asas keadilan. Pasalnya, beberapa caleg yang mendapat suara banyak ternyata tidak jadi, sementara caleg yang mendapat dukungan kurang dari seribu suara justru terpilih.

Sejumlah caleg yang datang bersama-sama ke kantor KPU dan Panwas antara lain Ketua Partai Golkar Demak, Jazeri, Mujiyono (Golkar), Suntarita (PDI-P), Ghozali dan Nur Fadlan (PKB) dan lainnya.

Kali pertama mereka datang ke kantor Panwas dan diterima anggota, Suyono. Dia mengatakan, peraturan tersebut menjadi kewenangan KPU. Panwas sendiri hanya bisa mengawal proses penetapan caleg pada 17 Mei mendatang. Namun demikian, pihaknya akan mengomunikasikan masukan tersebut kepada KPU.

Mendapat penjelasan itu, mereka mendatangi kantor KPU Demak di Jalan Turmudi. Di tempat itu, mereka ditemui Ketua KPU, Machmud Suwandi dan anggotanya Machmudi.

Jazeri mengatakan, dalam peraturan tersebut dirasa tidak memenuhi unsur keadilan. Karena parpol peroleh suara terbesar tidak diuntungkan.

Dia mencontohkan daerah pemilihan I, Partai Golkar mendapat 22.710 suara. Dari jumlah itu ternyata hanya memperoleh dua kursi yakni Nuryono Prasetyo (6.325) dan Budi Achmadi (4.681). Namun Partai Gerindra yang mendapatkan sekitar 4.705 suara bisa mendapat satu kursi yakni atas nama Ali Subkhan (2.366).

’’Ini kan tidak adil, padahal suara yang memilih saya saja mencapai 4.028. Karena itu kami berhadap ada revisi atas peraturan KPU tersebut. Sebab, kalau bilangan pembaginya sama dengan perolehan partai Gerindra maka Golkar di dapil I bisa memiliki sedikitnya 4 caleg jadi,’’ katanya.
Multitafsir
Di dapil 5 yang meliputi Kecamatan Mranggen dan Karangawen, lanjut dia, ada caleg yang perolehan suaranya hanya 954 bisa terpilih. Sementara PKB yang mendapat total suara 26.466 hanya mengantarkan dua calegnya. Hal itu terjadi karena Pasal 45 ayat b dan c Peraturan KPU mempunyai multitafsir.

’’Kami minta pengaduan ini bisa ditindaklanjuti KPU Demak untuk diteruskan ke KPU pusat. Saat ini belum ada penetapan resmi tentang caleg terpilih sehingga masih memungkinkan untuk dikaji ulang,’’ harapnya.

Dia berpendapat semestinya sisa suara dari partai yang telah memperoleh Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) sebagaimana pasal tersebut, memiliki nilai plus tersendiri. Yakni sisa suara tersebut dihitung sebagai minus bagi parpol yang tidak memenuhi BPP.

Misalnya partai A yang memenuhi BPP memiliki sisa suara 2.500, sedang parpol B yang tidak mencapai BPP memiliki suara 4.600. Maka sisa suara partai A dinilai sebagai nilai plus parpol dan nilai minus partai B.

’’Jadi ketika sisa suara disandingkan, partai A dapat 2.500 dan partai B dikurangi 2.500. Bukan seperti sekarang sisa suara disandingkan tanpa memperhitungkan nilai plus BPP.’’

Ketua KPU Demak Machmud Suwandi mengatakan, pihaknya akan menjalankan semua proses hasil pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku. Dia menambahkan, suatu parpol bisa mengantarkan calegnya menjadi anggota legislatif jika perolehan suara sesuai dengan BPP.

Sedangkan sisa suara akan diperhitungkan dalam penghitungan kursi tahap dua. Kendati demikian, pihaknya menerima masukan itu dan akan meneruskan ke KPU Jateng dan pusat. (H1-41)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com – 1 Mei 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: