Oleh: PKB Demak | 9 Mei 2009

Seputar Pemilu Legislatif 2009 Kab. Demak (12)

16 April 2009

Sejumlah Caleg Memprotes PPK

Pemilu 2009DEMAK– Dugaan kekeliruan rekapitulasi perolehan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), memunculkan protes sejumlah caleg. Seperti yang terjadi di PPK Kebonagung dan Demak Kota.

Salah satu celag PDI-P, Suhadak, mendatangi PPK Kebonagung dan memprotes menurunnya jumlah suara yang mencontreng dirinya. Dia mencontohkan di Desa Prigi, Sarmulyo, dan Mangunan Lor.

Di Desa Prigi, partainya mendapat 36 suara, namun data rekapitulasi tercatat 32 suara. Khusus di TPS I, dia memperoleh 19 suara, namun suara dimasukkan ke caleg PDI-P nomor urut 4, Jamiyatul Husna. Semestinya suara masuk caleg nomor urut 5.’’Ini kesalahan fatal, karena bisa mengurangi perolehan suara saya,’’ katanya.

Kekeliruan lain terdapat di Desa Mangunan Lor, yang semestinya dia mendapat 19 suara, ternyata hanya tertulis dalam rekapitulasi sebanyak 8 suara. Demikian juga di Desa Sarimulyo. Partainya mendapat 75 suara, tetapi tercantum hanya 70 suara. Untuk cek silang, PPK mengundang PPS, sejumlah saksi, dan melihat ulang berita acara. Dari cek silang data itu diketahui terjadi kekeliruan dan dilakukan pembenaran.

Protes serupa dilakukan Gihan Supeno di PKK Demak Kota. Caleg Partai Demokrat dapil I nomor urut satu tersebut menduga ada kekeliruhan data. Sebab, data dari saksi partainya untuk Desa Turirejo di beberapa TPS, menyebutkan jumlah perolehan suara yang tidak sama dengan data di rekapitulasi PPK. ’’Ada salah satu TPS yang perolehan suara saya 20, tetapi ditulis hanya satu. Sedangkan dua suara lainnya untuk caleg berbeda,’’ ujarnya.

Ada pula dalam TPS yang disebutkan partainya mendapat tiga suara dan dua caleg memperoleh dua suara serta satu suara ternyata hanya tercantum tiga suara. Protes Gihan Supeno membuat suasana tegang. Sebab, PPS desa, Sugiyono, bersikeras dengan datanya. Sedangkan Gihan meyakini kebenaran data dari saksi. Persoalan itu diselesaikan setelah saksi yang memiliki data itu dihadirkan dan dipertemukan dengan petugas TPS dan KPPS. (H1-37)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com – 16 April 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: