Oleh: PKB Demak | 9 Mei 2009

Seputar Demak

Sidang Endang Kembali Ditunda

EndangSDEMAK– Sidang lanjutan dugaan pemotongan dana bantuan desa dengan terdakwa mantan Bupati Dra Hj Endang Setyaningdyah MM di Pengadilan Negeri (PN) Demak, kemarin kembali tertunda. Seperti persidangan minggu-minggu lalu, penundaan dilakukan karena jaksa penuntut umum belum siap membacakan tuntutan.

Belum diketahui secara pasti penyebab lambannya penyusunan materi tuntutan jaksa. Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Supomo SH MH itu, berlangsung tidak lebih dari lima menit. Sebab, ketika majelis hakim memberi waktu kepada jaksa, Suci Utami SH kembali meminta waktu, karena materi tuntutan belum selesai.

Hakim pun mengabulkan permintaan jaksa. Sidang yang dimulai pukul 12.15 dan dihadiri terdakwa itu, akhirnya ditutup dan dilanjutkan minggu depan.
Direktur Lembaga Study dan Kajian Strategis Lekstra Jateng MA Malik memperkirakan lambannya pembuatan materi tuntutan, karena kehati-hatian jaksa.

Hal itu setidaknya bercermin dari kegagalan jaksa dalam mengajukan proses hukum tiga mantan pimpinan DPRD 2003-2004. Majelis hakim menolak mempersidangkan kasus itu, karena dakwaan jaksa dinilai tidak cermat.

’’Namun, kalau kemudian terlalu lama bisa menimbulkan persepsi berbeda di masyarakat,’’ katanya.

Menurutnya, jaksa bisa mengalami kesulitan menentukan tuntutan. Sebab, dalam kasus itu kerugian negara telah kembali, meski yang mengembalikan dana bukan terdakwa.

’’Jaksa memang berhasil membuktikan adanya pemotongan anggaran desa, karena uang kerugian negara telah dikembalikan oleh Andi Arief, mantan ketua tim relawan cabup Endang-Huda. Itu berarti benar-benar ada korupsi. Hanya saja, siapa yang seharusnya dituntut dan dijebloskan ke penjara, inilah barangkali masih menjadi pertimbangan mereka,’’ tambahnya. (H1-37)

Sumber :www.suaramerdeka.com*6 Mei 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: