Oleh: PKB Demak | 9 Mei 2009

Seputar Pemilu Legislatif 2009 Kab. Demak (13)

18 April 2009

Muka Baru Bakal Dominasi DPRD DemakPemilu 2009DEMAK– Hasil pemilu legislatif 2009 mengubah keanggotaan DPRD Demak. Dari 50 anggota legislatif yang terpilih, hanya 19 orang yang terpilih kembali sebagai wakil rakyat. Itu berarti sebagian besar adalah muka baru.

Mereka belum pernah menjadi anggota wakil rakyat. Muka baru itu hampir terdapat seluruh partai yang berhasil mengantarkan kadernya menjadi anggota legislatif.

Di antara muka baru itu adalah Nuryono Prasetyo SE, Sunari, Ike Chandra Agustina, Nur Wahid. Keempatnya dari Partai Golkar. Kemudian, dari PKB antara lain Rizkon malik, Churun Chalina Silfiya, Nurul Muttaqin, Parsidi, dan lainnya.

Keberadaan wakil rakyat muka baru memunculkan harapan adanya perubahan yang lebih idealis dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. Terutama pada tataran kewenangan legislatif.

Direktur LSM Lekstra Jateng MA Malik mengatakan, masyarakat menaruh harapan besar pada wakil rakyat yang baru. Menurutnya, wakil rakyat bukan hanya dituntut berpegang pada tupoksinya, tetapi juga berorientasi pada kemajuan daerah. Dengan orientasi yang demikian, dituntut memiliki pola pikir yang inovatif dan kreatif.

’’Otonomi daerah mestinya menjadi ilham agar kebijakan muncul berorientasi untuk memajukan daerah. Kalau rakyat makmur, perekonomian maju, dan pembangunan daerah berkembang, pasti dukungan rakyat akan semakin besar,’’ katanya.

Namun, ia mengaku belum melihat bakal terjadi perubahan signifikan pada legislatif hasil pemilu 2009, meski banyak anggota Dewan wajah baru.Pihaknya mengkhawatirkan tingginya partipasi rakyat terjadi karena ada dorongan politik uang.

’’Kalau itu yang terjadi, rasanya harapan rakyat akan sia-sia. Sebab, mereka yang terpilih akan berusaha mendapatkan gantinya dari pengeluaran yang telah dilakukan,’’ katanya.(H1-37)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com – 18April 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: