Oleh: PKB Demak | 8 Mei 2009

Seputar Pemilu Legislatif 2009 Kab. Demak (9)

14 April 2009

Penggelembungan Suara di TPS 7

Pemilu 2009MRANGGEN– Panitia Pengawas Kecamatan Mranggen Demak menemukan dugaan penggelembungan jumlah suara di TPS 7 Desa Mranggen, Kecamatan Mranggen.

Hal itu diketahui ketika Panwascam menemukan selisih suara antara jumlah DPT, pemilih yang hadir, dan total suara untuk caleg di tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat.

Ketua Panwascam Mranggen Muh Shodikun mengatakan, pihaknya menemukan selisih suara dalam pemungutan suara di TPS 7 Mranggen, di mana pada jumlah suara untuk DPRD kabupaten, penghitungan suara parpol dan caleg sebanyak 331. Padahal, jumlah DPT untuk TPS tersebut hanya 294 dan yang hadir dalam pemungutan saat itu 214 dan tidak hadir 80 pemilih.
’’Jika dilihat dari suara sah 83 dan tidak sah 36, jumlahnya 219, maka ada lima selisih pemilih yang hadir. Sedangkan selisih pemilih yang hadir dengan jumlah suara partai dan caleg ada 117 suara,’’ kata Shodikun.

Begitu juga dengan jumlah suara untuk tingkat provinsi dan pusat. Di tingkat provisi, Panwas menemukan selisih 72 suara dari penghitungan partai dan caleg yang dipilih, yakni 219 suara. Sementara di tingkat pusat terdapat selisih 90 suara antara jumlah pemilih yang hadir, yakni 304 suara.

’’Kami menduga di TPS itu terjadi penggelembungan suara. Sebab, dalam berita acara, panitia juga tidak melampirkan form A5 yang digunakan pemilih dari luar TPS bila ada tambahan pemilih. Karena itu, kami meminta diadakan pemilu ulang di TPS tersebut,’’ lanjutnya.

Ketua PPK Mranggen Agus Supriyanto SE mengatakan, pada dasarnya PPK sedang menyelenggarakan pleno pada hari I dan berhasil menyelesaikan 14 TPS pada Sabtu (11/4). Pada hari kedua, yakni Minggu (12/4), PPK baru menyelesaikan 11 TPS.

’’Jadi, selama dua hari itu PPK baru menyelesaikan pleno untuk TPS di Desa Tamansari dan Desa Sumberejo. Sedangkan yang disinyalir oleh Panwascam telah terjadi penggelembungan suara di Desa Mranggen, belum diplenokan,’’ kata Agus.

Meskipun demikian, temuan Panwas itu akan segera ditindaklanjuti PPK. (J12-37)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com – 09 April 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: