Oleh: PKB Demak | 8 Mei 2009

Seputar Pemilu Legislatif 2009 Kab. Demak (6)

11 April 2009

Perolehan Sementara Partai Demokrat Unggul

  • Disusul Golkar, PKS, dan PDI-P

Pemilu 2009DEMAK– Perolehan suara sementara untuk calon legislatif DPR RI dari Kabupaten Demak didominasi Partai Demokrat. Hingga pukul 14.30, partai tersebut mendapatkan 1.268 suara, disusul Golkar (795), PKS (463), dan PDI-P (424).

Sedangkan parpol lainnya adalah PAN (403), PKB (323), PPP (298), Gerindra (161), Hanura (95), dan PKPB (79). Perolehan suara partai lainnya di bawah angka 60 suara.

Anggota KPU Demak Jessy Tri Joeni menuturkan, data perolehan suara terus berkembang, mengingat rekapitulasi perolehan suara dari PPK ke KPU Demak yang masuk sore hari. Karenanya, jumlah perolehan suara tersebut belum bisa dijadikan patokan partai politik mana yang mendapat suara terbanyak. ’’Jumlah itu kan belum sampai 10%,’’ katanya.

Dia memprediksi rekapitulasi dari PPK akan sampai semua ke KPU Demak pada Jumat malam. Sementara data tersebut akan langsung dikirim ke KPU Pusat.Menurut dia, keunggulan perolehan suara di pusat belum bisa menjadi jaminan akan mendulang kesuksesan suara di tingkat DPRD provinsi maupun kabupaten/kota.

Sebab, tidak sedikit masyarakat pemilih yang menentukan pilihan bukan berdasarkan partai, melainkan nama calegnya. ’’Kami tidak bisa memprediksi yang demikian, karena perolehan suara masih dalam penghitungan rekapitulasi,’’ terangnya.

Model suara terbanyak tampaknya belum banyak memengaruhi proses pemungutan suara. Dari hasil penghitungan suara, sebagian besar masyarakat pemilih mencontreng tanda gambar partai, bukan nama calon legislatif.

Hal tersebut terjadi karena banyak warga pemilih yang tidak mengenali caleg. Mereka lebih mengenal partai daripada calon legislatif. Gambaran demikian hampir merata di semua TPS, kecuali pada TPS di daerah yang ada calon legislatifnya. (H1-37)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com – 11 April 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: