Oleh: PKB Demak | 8 Mei 2009

Seputar Pemilu Legislatif 2009 Kab. Demak (5)

10 April 2009

Contrengnya Gampang, Milihnya Sulit”

Pemilu 2009DEMAK – Partisipasi warga dalam pemilu legislatif cukup tinggi. Tingkat partisipasi di setiap TPS rata-rata di atas 70 persen. Kenyataan itu menunjukkan adanya kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam menentukan wakil mereka di legislatif dan DPD. Seperti di TPS 5 Desa Medini Kecamatan Gajah, dari 307 warga yang terdaftar dalam DPT, sebanyak 212 yang menggunakan hak pilihnya.

Demikian pula di TPS 5 Desa Wilalung Kecamatan Gajah. Dari 255 warga terdaftar di DPT, sebanyak 204 yang hadir. Di TPS 3 Kelurahan mangunjiwan juga terlihat angka partisipasi yang tinggi. Dari jumlah DPT 286 orang, yang menggunakan hak suaranya sekitar 203.

Tingginya partisipasi itu menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat untuk menyukseskan pemilu. Hampir sebagian masyarakat pemilih yang datang ke TPS tidak mengaku tidak ada masalah dengan cara mencontreng. Mereka justru merasa bingung menentukan pilihan. Pasalnya, dari semua calon yang ada, baik DPRD II, Provinsi, DPR RI dan DPD, tidak ada yang dikenal.

Bingung

Sudarni (56) warga Karengtengah mengaku belum bisa menentukan pilihan. Ketika di TPS di desanya, ia sudah berulang kali mengamati nama anggota caleg yang terpampang di tempat itu. Tetapi ia semakin merasa bingung karena banyaknya pilihan caleg tetapi tak ada yang dikenalinya. ”Contrengnya sih gampang, tetapi kok memilihnya sulit,” katanya.

Sementara itu anggota KPU Demak, Jessy Tri Joeni mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan menggandeng sejumlah lapisan masyarakat terkait pola memilih dengan cara mencontreng.

Sosialisasi yang dilakukan boleh dibilang sukses, karena sebagian besar sudah bisa menggunakan dengan cara demikian. Terkait sebagian warga yang bingung menentukan pilihan, menurut Jessy, hal itu terjadi karena sosialisasi nama caleg yang kurang menyentuh ke pedesaan. (H1-16)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com – 10 April 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: