Oleh: PKB Demak | 5 April 2007

Pertemuan Ribuan kiai kampung di Demak

MASURA


Guna merajut tali silaturahmi dengan para Kiai dan Ulama, rencananya DPC PKB Kabupaten Demak akan menggelar acara Ngaji Bersama Gus Dur atau lebih dikenal dengan istilah pertemuan Majelis Silaturahmi Ulama Rakyat (MASURA) pada tanggal 14 April 2007 di Gedung Wisma Haji, Jogoloyo. Pertemuan ini juga bertepatan dengan Musyawarah Cabang (Muscab) II DPC PKB Demak.

Selain Gus Dur, acara ini juga akan dihadiri Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar serta dimoderatori oleh pelawak Tukul Arwana (presenter empat mata) dalam sesi dialog.

Menurut ketua panitia, Ahmad Fauzan, pengajian tersebut bertujuan menjembatani aspirasi para Kiai dan Ulama lapisan paling bawah (grassroot) atau yang lebih dikenal dengan sebutan kiai Kampung. Pertemuan Ulama dan kiai kampung yang mungkin selama ini aspirasinya tidak tersampaikan akan dijadikan momentum memecah kebuntuan komunikasi yang terjadi akibat berbagai hal. Selain kiai kampung asal Demak, panitia juga mengundang kiai kampung dari Jepara dan Kudus.

“Jadi, pertemuan ini telah dibagi sesuai jadwal DPP PKB. Untuk Jawa Tengah bagian timur, Demak kebetulan kebagian menjadi tuan rumah pertemuan ribuan kiai kampung untuk pertama kalinya diwilayah Jateng,” terang Fauzan, yang juga sekretaris DPC PKB Demak ini.

Pertemuan ini, tegas Faozan, bukanlah show of force. Namun guna menjembatani komunikasi para kiai dan murni sebagai ajang silaturahmi. Karena itu, kiai kampung yang diundang berasal dari lintas partai.

Lebih lanjut, Fauzan menegaskan, pertemuan ini bukalah bermaksud mendikotomi antara istilah kiai khos dan kiai kampung. Sebab, Selama ini, kiai kampung terbiasa bersilaturahmi dengan para kiai khos. Namun, aspirasi yang disampaikan seringkali terhambat dan tidak terwujud. Karena itu, dengan adanya gelaran pertemuan kiai kampung ini, diharapkan peran kiai kampung ditengah masyarakat lebih kuat serta dapat menjadi pengayom sekaligus pembimbing umat. “Sekali lagi, pertemuan ini bukanlah mempolitisasi kiai, tapi tak lebih sebagai sarana silaturahmi,”katanya.

(Sekretariat Panitia)


Responses

  1. Assalamu’alaikum wr wb,

    Rekan2 perjuangan semuanya …

    Pemilu 2009 di depan mata .. banyak sekali perjuangan rekan, teman, dan semuanya pecinta PKB untuk bisa menuju kemenangan PKB yang maha berat ini.

    Saya mungkin “rada” optimis dengan target 2 besar di pemilu nanti seperti yang disampaikan petinggi DPP beberapa waktu lalu. Kata “rada” mungkin bisa dimaklumi karena kondisi realitas politik internal dan eksternal yang terjadi selama ini.

    Yang jelas, seandainya arus bawah PKB pada diam apakah target itu bisa berhasil. Niscaya tidak ! Namun saya begitu senang dengan kombinasi pengurus DPP sampai level ke bawah yang digerakkan oleh kaum muda PKB yang progressif dan berjiwa loyalitas tinggi.

    Bagi Anda yang duduk dalam kepengurusan PKB, kami begitu berharap program2 partai bisa dijalankan dengan baik dan tanggungjawab serta menyentuh lapisan masyarakat di bawah, perihal ini mudah2an PKB2 di cabang bisa meniru langkah DPC PKB di Jawa Barat dengan gebrakannya, berupa pengobatan gratis dll, dan katanya ada MASURA bulan mei nanti.

    Dalam pandangan saya, kegiatan MASURA begitu efektif untuk mengakrabkan kembali hubungan jama’ah, khususnya NU dengan PKB. Banyak sekali di daerah yang hubungan NU dan PKB belum begitu kondusif. Oleh karenanya, langkah cerdas Gus Dur dengan MASURA nya ini mudah2an bisa dijalankan juga dengan PKB di manapun.

    Sedangkan saya dan mungkin rekan2 pendukung PKB di luar kepengurusan, hanya bisa berusaha dalam kapasitasnya dengan cara kami masing2 juga. Mungkin di antara kami ada yang sifatnya propaganda pemikiran Gus Dur, tukang counter untuk anti Gus Dur, analis politik pro-PKB, dll, termasuk yang jago IT bisa menyumbangkan ilmunya untuk sosialisasi PKB melalui dunia maya.

    Sebagai bagian dari usaha sosialisasi yang semakin luas kepada masyarakat virtual, kami mencoba menyuguhkan blog spesial “Bergerak Menyongsong Kemenangan” di alamat : http://muda-pkb.blogspot.com.

    Blog ini dalam tahap pengembangan dan kami sangat berharap partisipasi rekan2 dalam hal tulisan, saran konstruktif untuk perbaikannya. Mohon maaf sebelumnya karena nama blog Anda “langsung” kami masukkan dalam daftar “link PKB’s Fans” tanpa pemberitahuan lebih dahulu.

    Mudah2an Allah memberkahi perjuangan kita semua. Amin

    Wallahul Muwaffiq Ilaa Aqwamit Tariq
    Wassalamu’alaikum

    ————————-
    Silakan forward-kan email ini ke rekan seperjuangan Anda yang lain. Terimakasih

  2. Wa alaikum salam Gus..tetap semangat dalam garis perjuangan Ahlussunnah wal jama’ah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: